You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Cinunuk
Desa Cinunuk

Kec. Cileunyi, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

# Ayo Dulur, Disiplin Protokol Kesehatan, Patuhi 5 M ---> 1. Memakai Masker 2.Mencuci Tangan Dengan Menggunakan Sabun 3. Menjaga Jarak 4. Menjauhi Kerumunan 5. Membatasi Mobilitas & Interaksi

Istri Bupati Bandung Terpilih Ajak Bumdes Kelola Sampah Desa

Redaksi 03 Maret 2021 Dibaca 6.816 Kali
Istri Bupati Bandung Terpilih Ajak Bumdes Kelola Sampah Desa

Istri Bupati Bandung Terpilih Ajak Bumdes Kelola Sampah

 

 

BOJONGSOANG.KIM Corong TV Cinunuk.- Istri Bupati Bandung terpilih, Hj. Emma Dety Supriatna menjadi narasumber dalam Reses 2 Tahun Sidang 2020-2021, anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi PKS Hj. Sari Sundari, S.Sos, di Desa Bojongsari, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Selasa (2/3/21).

Dalam paparannya di hadapan para pengurus Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), Emma istri Kang DS, sapaan Bupati Bandung terpilih ini, mengatakan masih banyak Bumdes yang hanya nama lembaganya saja yang ada, namun tidak tampak kegiatannya.

"Untuk itu, Bumdes diharapkan dapat membantu penanggulangan sampah dengan pengolahan sampah di desa, sehingga dapat menjadi pemasukan untuk kas desanya, bisa dengan membentuk bank sampah atau bekerja sama dengan bank sampah yang sudah ada di desanya," kata Emma.

Ia mengungkapkan bank sampah sebenarnya sudah ada di Kecamatan Bojongsoang, tapi belum optimal dalam operasionalnya. "Maka Bumdes lah yang seharsnya lebih kreatif untuk melakukan produktivitas mengelola sampah," imbaunya.

Langkah pertama untuk menggerakan Bumdes, menurutnya dengan mencari para pelaku yang cinta desanya dan berkeinginan memajukan desa. Kemudian mencari beragam potensi di desanya untuk ditingkatkan. Emma mengatakan pengelolaan Bumdes jangan terpaku hanya para pelaku UMKM.

Terlebih dalam pembentukan bank sampah menurutnya tidak perlu mengeluarkan modal. "Justru sampah itulah yang bisa dijadikan modal awalnya. Bak sampah merupakan sebuah proyek agar masyarakat lebih mencintai kebersihan lingkungannya," tandas Emma.

Menurut Emma yang juga mantan Kades Tegalluar, Bojongsoang ini, Pemkab Bandung pun nantinya akan membantu kebutuhan dasar bagi para Bumdes yang siap untuk membantu penanggulangan sampah di desanya. "Dengan gerakan bersama warga desa, Bumdes, bank sampah, diharapkan permasalahan sampah di Kabupaten Bandung dapat teratasi," ucap istri Bupati Bandung terpilih ini.

"Luar biasa program yang sangat bagus dan perlu di tindak lanjut
Nandang Hidayat 03 Maret 2021
Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image