You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Cinunuk
Desa Cinunuk

Kec. Cileunyi, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

# Ayo Dulur, Disiplin Protokol Kesehatan, Patuhi 5 M ---> 1. Memakai Masker 2.Mencuci Tangan Dengan Menggunakan Sabun 3. Menjaga Jarak 4. Menjauhi Kerumunan 5. Membatasi Mobilitas & Interaksi

Yoyon, Pengelola "Saung Budaya" Cinunuk Berharap Cileunyi Festival Segera Digelar

Redaksi 07 November 2021 Dibaca 780 Kali
Yoyon, Pengelola

CINUNUK. KIM Desa Cinunuk.  Komunitas Seniman Tradisi Bandung Jawa Barat (Komstrad) sangat berharap "Cileunyi Festival" segera digelar. Harapan ini dilontarkan Yoyon Darsono, pentolan Komstrad yang juga pengelola, sekaligus pemilik ruang publik "Saung Budaya" di Kampung Cipondoh Girang RW 12, Desa Cinunuk, Kacamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung.                  "Sudah sejak lama  event tahunan Cileunyi Festival diwacanakan untuk bisa digelar.  Konsep Cileunyi Festival sudah digulirkan dan dipresentasikan 12 tahun lalu kepada dinas dan instansi terkait di Pemkab Bandung. Namun kurang mendapat respon," kata Yoyon ketika bincang-bincang dirumahnya, Komplek Griya Cinunuk Indah (GCI) RW 17, Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Sabtu (7/11/2021) malam.                                     Menurut dosen senior Fakultas Seni Pertunjukan,  Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Bandung ini,  ia yang juga penggagas "Darmaraja Festival" tahun 2006 dan "Jatigede Festival"  ini, kini merasa terpanggil kembali untuk merealisasikan Cileunyi Festival.        "Saya yang sudah  28 tahun tinggal  Komplek GCI RW 17 dan sudah jadi penduduk Desa Cinunuk mengajak semua pemangku kepentingan yg berada di Cinunuk dan Cileunyi khususnya, umumnya di Kabupaten Bandung bisa "ngarojong"  gagasan ini,  sehingga Cileunyi Festival bisa segera terealisasi dalam waktu dekat," harap Yoyon. 

Diungkapkan Yoyon, pihaknya belum lama ini 
sudah menggelar  pertemuan dengan sejumlah  tokoh seni dan budaya di Desa Cinunuk dan Kecamatan Cileunyi. Di antaranya dengan  ketua Pasebban Kec. Cilenyi, termasuk Ketua Karang Taruna Kec. Cileunyi.    
Sebagai penggagas Cileunyi Festival, Yoyon pun sudah  koordinasi dengan  Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung, Dr. Aten dan menyambutnya positif.                         Diungkapkan Yoyon, gelaran Cileunyi Festival ini akan ditampilkan  berbagai seni budaya khas Cileunyi, kuliner, pashion, kerajinan dan atraksi seni serta budaya lainnya. "Lokasi Festival Cileunyi ini diwacanakan di lapangan trail Desa Cibiruwetan awal tahun 2022 mendatang," ungkap Yoyon.                         Bahkan Yoyon mengaku belum lama ini,  ia pun sudah berkomunikasi dengan Direktur Pengembangan Regional Kementerian  Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  (Kemenparekraf),   Dr. Wawan Gunawan, M.Sn., MM dan menyambutnya positif pula rencana digelarnya Cileunyi Festival ini. Bahkan kata Yoyon, pejabat terkait di Kemenparektaf 
ini telah  memberikan arahan dan bedah konsep melalui zoom meet.   "Jujur Desa Cinunuk dan Kecamatan Cileunyi 
sangat kaya akan  keragaman seni budayanya. Tak bisa dipungkiri juga, sejumlah seniman asal Cinunuk dan Cileunyi sudah bisa eksis baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Mereka sudah ikut andil mengharumkan negara kita di ajang internasional.
Saya optimistis Cileunyi Festival segera digelar  dan siap bekerjasama  dengan dengan semua pihak yang terkait untuk  sama-sama mengangkat seni dan budaya khususnya Cinunuk, umumnya Kecamatan Cileunyi. Apalagi Desa Cinunuk kan termasuk Desa wisata," pungkas Yoyon.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image