• Jl. Raya Cinunuk No.725 Cileunyi
  • 0227815595
  • info@cinunuk.desa.id
INFO
  • # Ayo Dulur, Disiplin Protokol Kesehatan, Patuhi 5 M ---> 1. Memakai Masker 2.Mencuci Tangan Dengan Menggunakan Sabun 3. Menjaga Jarak 4. Menjauhi Kerumunan 5. Membatasi Mobilitas & Interaksi

Tol Cisumdawu, Cileunyi-Jatinangor Nyambung dan Mulus, Exit Tol Kiarapayung Mantap

17 Januari 2022 Redaksi Berita Lokal Dibaca 504 Kali

CILEUNYI. KIM Desa Cinunuk. Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) ruas Cileunyi Kabupaten Bandung-Jatinangor, Kabupaten Sumedang kini benar-benar sudah nyambung, dinilai tuntas, jalannya mulus dan siap dilalui.                                          Selain itu, gerbang exit Tol Cisumdawu yang dibangun dibelakang Kampus Unpad atau berada di jalan menuju Bumi Perkemahan Kiarapayung Jatinangor kini tuntas pula dan telah dilengkapi PJU serta siap dilalui kendaraan.                  Pantauan KIM, Senin (17/1/2022) meski ruas Cileunyi- Jatinangor nyaris 100 persen tuntas, di sejumlah titik masih terlihat sejumlah petugas masih sibuk mengerjakan pinishing, termasuk di jembatan utama simpang susun Cileunyi.                              Keberadaan exit tol dikawasan Kiarapayung  tersebut digunanakan untuk kendaraan dari arah Jakarta, Bandung dari arah Sumedang yang akan menuju ke Jatinangor, ke kawasan pendidikan ini. 
Maslani, Humas China Road and Bridge Corporation (CRBC) yang mengerjakan ruas Cileunyi-Jatinangor, Tol Cisumdawu ketika dikonfirmasi terkait progres pengerjaan ruas Cileunyi-Jatina ngor ketika dikonfirmasi KejakimpolNews.com melalui telepun selulernya, meski HP-nya aktif masih belum diangkat.              Sementara itu, Kapolsek Cileunyi Kompol Wahyo membenarkan jika Tol Cisumdawu khusus ruas Cileunyi-Jatinangor dari pantauan dilapangan nyaris tuntas.               "Untuk kawasan Cileunyi khususnya dari pantauan lapangan dinilai tuntas meski ada ada sedikit pengerjaan di kawasan Simpang Susun Cileunyi oleh sejumlah pekerja. Termasuk di jembatan utama dan di bawah jembatan masih terus dibenahi," kata Wahyo usai menyaksikan penjinakan mortir yang ditemukan di Desa Cimekar, Kecamatan Cileunyi.                      Hal senada dilontarkan Kanit Pol PP Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Agus. "Hasil pemantauan dilapangan nampaknya tol Cisumdawu ruas Cileunyi-Jatinangor, khususnya di Jatinangor tergolong tuntas dan siap dilalui. Termasuk pengerjaan exit tol dibelakang Kampus Unpad sudan mulus dan siap dilalui kendaraan yang keluar dari tol Cisumdawu. 
Diberitakan, tadinya dijadwalkan akan dibuka awal tahun. Namun ternyata Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, Tol Cisumdawu seksi 1 bisa beroperasi akhir bulan Januari ini.
Menurut Kang Emil, sapaan Gubernur Jabar Ridwan Kamil ini, Tol Cisumdawu yang akan  dibuka itu baru seksi 1 yakni ruas Cileunyi - Rancakalong. "Setelah dilihat pengerjaannya secara keseluruhan hingga saat ini telah di atas 90 persen.
Bahkan akhir Januari ini, sebagian akan resmi dibuka untuk umum yaitu seksi 1," kata Kang Emil kepada wartawan saat meninjau pengerjaan Tol Cisumdawu yang mengendarai sepeda motor, Senin (10/1/2022) lalu. 
Secara keseluruhan kata Kang Emil, ruas Tol Cisumdawu ditargetkan bisa beroperasi Juni 2022 akan datang. Hal ini disebabkan sejumlah hal, di antaranya ada beberapa titik yang mengalami longsor, sehingga pengerjaan terganggu.
"Memang ada bencana sedikit berupa longsoran - longsoran yang harus diteliti ulang desainnya. Saat ini sedang ditangani," ucapnya. Selain itu orang no 1 di Jabar ini, masih ada beberapa pembebasan lahan yang harus dituntaskan.
Terdapat pula beberapa titik yang bersifat perluasan, sehingga perlu ada tambahan lahan yang harus dibebaskan. Diungkapkan Kang Emil, tersambungnya jalan tol dari Bandung menuju Kertajati, Kabupaten Majalengka diharapkan pula dapat meningkatkan perekonomian di wilayah tersebut. Apalagi jarak tempuh dari Bandung ke Kertajati hanya sekitar 40 menit.
"Jika jalan tol ini sudah tembus ke Kertajati, seharusnya tidak ada alasan lagi Kertajati sepi karena jarak tembus dari Bandung ke sana cuma 40 menit," katanya.
Terkait keberdaan Tol Cisumdawu, akan lebih optimistis dalam pemulihan ekonomi di tahun 2022 di Jabar. Hal ini mengingat terdapat pula infrastruktur lain yang akan diresmikan pada tahun ini seperti kereta cepat Jakarta-Bandung. (KIM)

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar