You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Cinunuk
Desa Cinunuk

Kec. Cileunyi, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

# Ayo Dulur, Disiplin Protokol Kesehatan, Patuhi 5 M ---> 1. Memakai Masker 2.Mencuci Tangan Dengan Menggunakan Sabun 3. Menjaga Jarak 4. Menjauhi Kerumunan 5. Membatasi Mobilitas & Interaksi

Tanggul Jebol, TPT Ambruk, Banjir, Longsor dan P3-TGAI Hancur di Cinunuk, BPBD Lakukan Assessment

Redaksi 15 November 2022 Dibaca 1.754 Kali
Tanggul Jebol, TPT Ambruk, Banjir, Longsor dan P3-TGAI Hancur di Cinunuk, BPBD Lakukan Assessment

CINUNUK,- KIM Desa Cinunuk.  Hujan lebat disertai angin kencang yang terjadi di Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung dan sekitarnya, Senin (14/11/2022) siang hingga sore hari berdampak pada bencana alam di sejumlah titik diwilayah tersebut.

Selain tanggul jebol, banjir, longsor dan TPT ambruk, pembangunan proyek Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Sumber Air Irigasi (P3-TGAI) Kemen PUPR melalui BBWS Citarum temboknya sepanjang 15 hancur diterjang air bah.

Terkait bencana alam yang menerjang Desa Cinunuk tersebut, pihak BPPD Kabupaten Bandung telah turun tangan untuk melakukan asssessment ke sejumlah titik bencana alam baik tanggul jebol, banjir, longsor, TPT ambruk dan pembangunan P3-TGAI yang baru dibangun hancur diterjang air bah.

"Pihak BPBD Kabupaten Bandung bersama dinas terkait lainnya telah turun tangan untuk melakukan assessment ke sejumlah titik bencana alam. Berharap pascaassessmen segera ada penanganan dan penanggulangan, sekaligus bantuan," kata Camat Agus Rizal didampingi Kades Cinunuk Edi Juarsa saat mendampingi petugas BPBD yang melakukan assessment, Selasa (15/11/2022).

Diketahui, saat hujan lebat disertai angin kencang, Senin (14/11/2022) kemarin, sejumlah titik di Desa Cinunuk diterjang bencana alam.

Di antaranya, ada tanggul jebol di Sungai Jasanagar di RW 19 mengakitkan air meluber ke jalan dan menggenangi rumah-rumah dengan ketinggian air 50-60 cm.

Kemudian ada TPT yang ambruk di Graha Pesona RW 05 menimpa sebuah rumah yang rusak berat. Selanjutnya ada TPT sebuah tebing ambruk juga di Komplek Karsamanik RW 16 (Kampung Sukamantri). Akibatnya, 1 rumah kini terancam ambruk karena nyaris berada di TPT yang longsor.

Kemudian, proyek P3-TGAI Kemen PUPR/BBWS atas aspirasi Anang Susanto, anggota DPR RI di Kampung Cibolerang RT 02/RW 10 yang belum lama tuntas, 15 meter temboknya hancur.

"Akibatnya jebolnya 15 meter bangunan P3-TGAI ini, limpahan air bah terjang ke kawasan Karangample. Sawah-sawah, sejumlah kolam pemancingan dan sejumlah warga terendam," kata Kades Cinunuk Edi Juarsa didampingi Kedus Jeje.

Baik Camat Cileunyi Agus Rizal ataupun Kades Cinunuk Edi Juarsa telah melakukan langkah penanganan dan berkoordinasi dengan dinas terkait di tingkat Forkopimcam Cileunyi hingga dinas terkait di Pemkab Bandung.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image