You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Cinunuk
Desa Cinunuk

Kec. Cileunyi, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

# Ayo Dulur, Disiplin Protokol Kesehatan, Patuhi 5 M ---> 1. Memakai Masker 2.Mencuci Tangan Dengan Menggunakan Sabun 3. Menjaga Jarak 4. Menjauhi Kerumunan 5. Membatasi Mobilitas & Interaksi

TPT Ambruk di Kavling Rahayu Cinunuk, BPBD dan DPUTR pun Turun Tangan

Redaksi 27 November 2022 Dibaca 901 Kali

CINUNUK,-KIM Desa Cinunuk. Pascatembok penahan tebing (TPT) di kavling Rahayu, Kampung Sadang RT 04/RW 11, Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Sabtu (26/11/2022) siang ambruk langsung ditangani dinas terkait di Pemkab Bandung.

Dinas yang turun tangan untuk menangani TPT yang roboh dengan panjang17 meter tinggi 3 meter lebih ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Bandung. 

Kedua dinas tersebut, Sabtu (26/11/2022) malam sekitar pukul 21.00 mulai turun tangan. Selain mengerahkan alat berat, juga menurunkan sejumlah personelnya untuk mengeruk dan menyingkirkan material longsoran yang menutupi Sungai Cibangkonol.

"TPT yang ambrol dan mengancam 1 rumah serta material longsorannya menutupi sungai sedang ditangani BPBD dan DPUTR Kabupaten Bandung. Berharap malam ini tuntas," kata Camat Cileunyi Agus Rizal kepada KejakimpolNews.com, Sabtu (26/11/2022) malam.

Sementara itu Kades Cinunuk Edi Juarsa yang berada di lokasi saat penanganan TPT yang ambrol oleh BPBD dan DPUTR mengatakan, alat berat dan sejumlah personel dikerahkan mulai pukul 21.00.

"Hingga pukul 23.00 penanganan TPT yang ambrol masih berlangsung. Memang TPT yang ambrol di kavling Rahayu RT 04/RW 11 Desa Cinunuk ini materialnya menutupi Sungai Cibangkonol yang berbatasan dengan Desa Cibiruwetan. Terima kasih kepada BPBD, DPUTR, aparat kecamatan dan semua pihak yang telah turun tangan, kata Edi.

Terkait hal tersebut, Sekretaris BPBD Kabupaten Bandung, Dadang Sumpena membenarkan pihaknya bersama DPUTR langsung turun tangan untuk menanganinya.

"Kita telah turunkan alat berat dan mengerahkan sejumlah personel. Selain untuk mengeruk dan menyingkirkan material longsoran yang menutupi sungai dan titik lainnya, kita pun melakukan assessment,"kata Dadang.

Diberitakan sebelumnya, setelah terjangan banjir, longsor, tanggul jebol TPT ambruk di sejumlah titik di Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, TPT kembali ambruk diterjang hujan deras yang mengguyur, Sabtu (26/11/2022) siang.

Kali ini, TPT yang ambrol di kavling Rahayu RT 04/RW 11 Desa Cinunuk dengan panjang 17 meter dan tinggi 3 meter lebih. Akibatnya, selain satu rumah kini terancam ambruk, material longsoran pun menutupi sungai. Kejadiannya sekitar pukul 13.30 saat hujan lebat. 

Tak ada korban jiwa, hanya satu rumah terancam dan material longsoran menutupi jalan.

Rumah yang terancam dampak TPT yang ambrol tersebut milik Ulil Albab (35) yang dihuni 5 jiwa. Semua penghuni di rumah bertingkat tersebut telah diungsikan ke rumah saudaranya.(KIM)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image