You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Cinunuk
Desa Cinunuk

Kec. Cileunyi, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

# Ayo Dulur, Disiplin Protokol Kesehatan, Patuhi 5 M ---> 1. Memakai Masker 2.Mencuci Tangan Dengan Menggunakan Sabun 3. Menjaga Jarak 4. Menjauhi Kerumunan 5. Membatasi Mobilitas & Interaksi

Anggaran Dana Desa, Normalisasi Sungai Ciguruwik Cinunuk Dipadatkaryakan

Redaksi 17 September 2022 Dibaca 277 Kali
Anggaran Dana Desa, Normalisasi Sungai Ciguruwik Cinunuk Dipadatkaryakan

 

CINUNUK,-KIM Desa Cinunuk. Dengan menggunakan angggaran Dana Desa (DD), normalisasi Sungai Ciguruwik, Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bangung dipadatkaryakan, Sabtu (17/9/2022).
Padat karya yang melibatkan kurang lebih 200 harian orang kerja (HOK) ini, Sungai Ciguruwik yang dinormalisasi sepanjang 700 meter melintasi Kampung Cipondoh Girang RW 12, Kampung Babakan Sukamulya RW 13, Komplek Griya Cinunuk Indah (GCI) RW 17 dan Kampung Cipondoh RW 06.
Selain melibatkan dengan HOK 200 orang, turun tangan juga dan kompak Kades Cinunuk Cinunuk Edi Juarsa, Ketua BPD Setiawan, Ketua LPMD Dedi Juandi, Bhabinkamtibmas Aipda Heri Maryadi, Babinsa Serda Rahmat Akili, para kadus, kader PKK, perangkat desa,  sejumlah Ketua RW dan tokoh masyarakat.
"Ini kegiatan normalisasi Sungai Ciguruwik, Padat Karya Tunai Desa (PKTD) program Dana Desa tahap II Desa Cinunuk tahun anggaran 2022," kata Kades Edi Juarsa di sela-sela memantau pelaksanaan padat karya di Kampung Cipondoh RW 06.
Menurut Edi Juarsa, pengerjaan normalisasi Sungai Ciguruwik dengan panjang 700 meter, lebar 1,25 meter, tinggi 0,5 meter (79,40 m3). Anggarannya kata Edi Juarsa,  sumber Dana Desa Rp 38.728.400 dengan pelaksananya, PPKD (Pelaksana Pengelola Keuangan Desa) Cinunuk.
"Saya berharap normalisasi Sungai Ciguruwik sepanjang 700 meter dengan anggaran Dana Desa ini bisa meminimalir terjangan banjir saat musim hujan. Pasalnya, di aliran sungai ini, selain sampah-sampah dan lumpur diangkat serta sungai dilebarkan, juga ada titik di sungai tersebut dibangun tembok penahan tebing (TPT)," ungkap Edi Juarsa.
Sementara itu, Ketua BPD Setiawan, Ketua LPMD Dedi Juandi, Bhabinkamtibmas Aipda Heri Maryadi dan Babinsa Serda Rahmat Akili sangat berharap normalisasi Sungai Ciguruwik dengan anggaran Dana Desa tak sekedar seremonial.
"Ya, alhamdulillah dengan anggaran Dana Desa Sungai Ciguruwik bisa dinormalisasikan. Hanya, sampai sejauhmana tingkat partisipasi masyarakatat untuk menindaklanjuti. Ya, mari kita sama merawat dan menjaga sungai dengan tidak membuang sampah sembarangan serta tidak mendirikan bangungan di sempadan sungai," kata mereka kompak.
Bahkan Bhabinkamtibmas Aipda Heri Maryadi dan Babinsa Serda Rahmat sangat menyayangkan jika saat ini masih ada oknum masyarakat di Desa Cinunuk dengan perilaku tak elok membuang sampah sembarang di pinggir-pinggir jalan, termasuk ke sungai. 
"Ya dengan program normalisasi Sungai Ciguruwik dari anggaran Dana Desa ini, bagi oknum warga yang kerap membuang sampah ke sungai dan mendirikan bangunan di sempadan sungai segera sadar. Mari kita jaga lingkungan kita, termasuk sungai agar tetap terawat," kata Rahmat Akili.
Hal Senada dikatakan Ketua RW 12, 13, 17 dan Ketua RW 06. "Memang benar apa yang dikatakan Pak Babinsa Cinunuk, untuk menjaga lingkungan, termasuk sungai seluruh komponen masyarakat harus peduli. Berharap setelah Sungai Ciguruwik dinormalisasi, jangan lupa untuk menjaga dan merawatnya,"ucap Encin, Ketua RW 13 Babakan Sukamulya yang turun langsung saat kegiatan padat kerya tersebut. (KIM).

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image