You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Cinunuk
Desa Cinunuk

Kec. Cileunyi, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

# Ayo Dulur, Disiplin Protokol Kesehatan, Patuhi 5 M ---> 1. Memakai Masker 2.Mencuci Tangan Dengan Menggunakan Sabun 3. Menjaga Jarak 4. Menjauhi Kerumunan 5. Membatasi Mobilitas & Interaksi

Gerakan "World Clean Up Day'" di Desa Cinunuk Mantap, Serempak dan Kompak

Redaksi 23 September 2022 Dibaca 313 Kali
Gerakan

CINUNUK,-KIM Desa Cinunuk. Gerakan "World Clean Up Day" dengan melakukan kegiatan Jumat Bersih (Jumsih) di Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jumat (23/9/2022) mantap, serempak dan kompak. World clean up day digelar serempak di Kabupaten Bandung.
World Clean Up Day di Desa Cinunuk yang dimotori Tim Penggerak PKK (TP PKK) Desa Cinunuk dan "diluluguan" langsung  Ketua TP PKK Desa Cinunuk, Elin Raeni yang juga istri Kades Cinunuk Edi Juarsa, nyaris seluruh kader PKK dan Posyandu di 29 RW di Desa Cinunuk "turun gunung" melakukan kegiatan Jumsih.
Selain kader PKK dan Posyandu, sejumlah pengurus RW, RT, DKM, Karang Taruna, perangkat dan lembaga desa turut berpartisipasi. Mereka menyapu dan "beberesih runtah", membabat rumput-rumput liar disekitar lingkungannya masing-masing.
"Gerakan world clean up day ini merupakan tindaklanjut instruksi Ketua TP PKK Kabupaten Bandung Hj. Ema Dety yang juga istri Bupati Bandung Dadang Supriatna yang dihimbau agar kader PKK dan Posyandu se Desa Cinunuk melaksanakan kegiatan Jumsih " kata Elin Raeni kepada KIM Desa Cinunuk.
Menurut Elin himbauan agar melakukan gerakan Jumsih ternyata direspon positif oleh para kader PKK dan Posyandu."Kita apresiasi dan ucapan terima kasih, ternyata bukan hanya kader PKK dan Posyandu, bapak-bapak dan Karang Taruna pun turut berpartisipasi,"ungkap Elin.
Hal senada dilontarkan oleh Kades Cinunuk Edi Juarsa yang turun gunung juga dalam kegiatan Jumsih di 29 RW, sekaligus memantau dan memberikan suport terutama kepada kader PKK dan Posyandu.
"Pemdes Cinunuk mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih ke semua pihak, terutama kepada kader PKK dan Posyandu atas partisipasinya. World clean up day dengan gerakan Jumsih merupakan langkah positif dan harus jadi rutinitas bagaimana menjaga, merawat dan memelihara lingkungan kita agar "genah, merenah, tumaninah," ucap Edi Juarsa.
Menurut Edi, dalam memelihara lingkungan agar tetap terjaga dan terawat barangkali sederhana. Terlebih dahulu kata Edi, dari rumah kita masing-masing, terus di tetangga dan lingkungan sekitarnya.

"Apakah di rumah kita masing-masing lingkungan sudah terjaga, terawat dan bersih? Jika di rumah kita masing-masing sudah seperti itu, termasuk bagaimana cara mengelola sampah rumah tangga dengan baik, insya Allah lingkungan tetap terjaga dan terawat," ungkap Edi. 
Hanya kata Edi, yang paling sulit menyadarkan oknum warga yang tak peduli terhadap lingkungan atas perilakunya tak terpuji dan tak elok dengan cara membuang sampah sembarang, baik di pinggir jalan atau ke sungai.
"Pembuangan sampah di pinggir jalan atau ke sungai oleh oknum warga kerap dikeluhkan oleh sejumlah ketua RW. Meski telah dilakukan berbagai upaya, si oknum warga pembuang sampah  tersebut ternyata kerap juga "ucing-ucingan","keluh Edi Juarsa.
Edi Juarsa pun sangat berharap, gerakan world clean up day dengan kegiatan Jumsihnya ini, ke depannya terus ditindaklanjuti. "Desa Cinunuk BEDAS (bersih dan sehat) ya, dengan gerakan world clean up day di kegiatan  Jumsihnya," tutup Edi. (KIM)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image