You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Cinunuk
Desa Cinunuk

Kec. Cileunyi, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

# Ayo Dulur, Disiplin Protokol Kesehatan, Patuhi 5 M ---> 1. Memakai Masker 2.Mencuci Tangan Dengan Menggunakan Sabun 3. Menjaga Jarak 4. Menjauhi Kerumunan 5. Membatasi Mobilitas & Interaksi

P3D Test Kemampuan Baca Al-Qur'an Terhadap 9 Calon Perangkat Desa Cinunuk

Redaksi 07 Desember 2023 Dibaca 6.440 Kali
P3D Test Kemampuan Baca Al-Qur'an Terhadap 9 Calon Perangkat Desa Cinunuk

CINUNUK-KIM Desa Cinunuk.Sembilan orang calon perangkat Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, akhirnya mengikuti proses seleksi, Kamis (7/12/2023).

Proses seleksi terhadap 9 calon perangkat Desa Cinunuk untuk mengisi "kursi" Kepala Dusun (Kadus) 5 ini oleh Panitia Pemilihan Perangkat Desa (P3D) Cinunuk di sekretariat P3D, Kantor Desa Cinunuk.

Ternyata ada yang yang menarik dalam proses seleksi terhadap 9 calon perangkat desa ini. Mereka, selain di test tertulis dan wawancara, di test juga kemampuan baca Al-Quran.

Ketua P3D, Drs.H. Asep Kamil Astori, M.Sos mengatakan, test kemampuan baca Al-Quran kepada 9 calon perangkat desa Cinunuk dilakukan untuk melihat sisi agama ke 9 calon perangkat desa ini.

"Al-Quran 'kan sumber segala ilmu, baik sosial, hukum, kemasyarakatan dan lainnya, termasuk ahklak. Apalagi ke-9 calon perangkat desa ini beragama Islam. Jika saja tak mampu baca Al-Quran bagaimana bisa menjabarkannya nanti saat jadi pelayan dan pengayom masyarakat," terang Asep kepada KIM Desa Cinunuk.

Didampingi Ir. Setiawan (perwakilan BPD) dan Atim Wahyudin, M.Ag (perwakilan LPMD), Asep yang juga Ketua MUI Desa Cinunuk ini, test kemampuan baca Al-Quran bagi 9 calon perangkat desa Cinunuk di sesi wawancara.

"Test terhadap 9 calon perangkat Desa Cinunuk ini tertulis dan wawancara. Bobot nilainya, 60 persen dari tes tertulis dan 40 persen hasil wawancara. Test tertulis, di antaranya tentang pengelolaan pemerintahan desa, lingkungan, sosial, budaya dan wawasan lainnya,"ungkap Asep.

Hasil seleksi terhadap 9 calon perangkat Desa Cinunuk ini kata Asep akan diserahkan ke Camat Cileunyi/Kades Cinunuk pada 13 Desember mendatang.

"Insya Allah proses seleksi terhadap 9 calon perangkat Desa Cinunuk ini ketat, transparan dan tanpa intervensi dari manapun. Berharap dari 9 calon perangkat Desa Cinunuk ini, akan terpilih satu calon yang akan mengisi jabatan Kadus 5 yang memilki kapasitas, berkualitas, mumpuni dan agamis,"tutup Asep.

Sementara itu Sekcam Cileunyi, Anjar Lugiyana yang turut memantau pelaksanaan seleksi 9 calon perangkat Desa Cinunuk didampingi Kades Cinunuk, Edi Juarsa mengapresiasi dan ucapan terima kasih kepada P3D dan Pemdes Cinunuk.

"Penerimaan perangkat desa yang ketat di Desa Cinunuk ini baru pertama terjadi di Kabupaten Bandung. Selain para calon perangkat desa di test tertulis dan wawancara, juga di test kemampun baca Al-Quran," tutur Anjar.

Ke-9 calon Kadus 5 yang ikut seleksi 5 pria dan 4 wanita tersebut, yakni Leni Pratiwi Krisnawati (RW 08, Umar (RW 07), Jingga Ayu Trinita (RW 12), Pritia Dewi Pratiningsih (RW 12), Tonny Purwantoro (RW 09), Nur'raini Indrawati Mukminin (RW 14), Ahmad Hidayat (RW 09), Deni Wahyu (RW 04) dan Samsul Anwar (RW 11/perangkat desa).

Diketahui, Kadus 5 yang sebelumnya dijabat Jeje Syarif mengundurkan diri. Wilayah kerja Kadus 5 meliputi RW 07 Kampung Cijambe, RW 08 Kampung Cijambe Kulon, RW 09 Kampung Ciborelang dan RW 18 Kampung Cijambe Wetan.** (KIM Desa Cinunuk)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image