You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Cinunuk
Desa Cinunuk

Kec. Cileunyi, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

# Ayo Dulur, Disiplin Protokol Kesehatan, Patuhi 5 M ---> 1. Memakai Masker 2.Mencuci Tangan Dengan Menggunakan Sabun 3. Menjaga Jarak 4. Menjauhi Kerumunan 5. Membatasi Mobilitas & Interaksi

Ketika Bumdes Mandiri Desa Cinunuk Mengejar ASA

Redaksi 19 Februari 2022 Dibaca 214 Kali
Ketika Bumdes Mandiri Desa Cinunuk Mengejar ASA

CINUNUK. KIM Desa Cinunuk. Saat ini keberadaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Mandiri Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung tengah mengejar asa dengan harapan benar-benar mandiri dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.                          Sejumlah langkah telah dilakukan oleh Bumdes Mandiri Desa Cinunuk  yang dikomandoi Atun Faturohkman, selaku ketuanya yang baru beberapa bulan usianya sesuai SK Kades Cinunuk. 
Langkah awal dengan terus berkoordinasi dan 
berkolaborasi dengan sejumlah pihak, baik Pemdes Cinunuk, lembaga desa, pengurus RW, sejumlah tokoh masyarakan dan pihak lainnya. 
Tujuannya, untuk menggali potensi ekonomi di Desa Cinunuk dan menyamakan visi misi yang ujung ujungnya demi pendapatan asli desa (PADes).  
Bumdes Mandiri Desa Cinunuk sejauh ini belum mengetahui persis bagaimana Corporate Social Responsibility (CSR) dari sejumlah perusahaan ke desa dan potensi lainnya yang ada di Desa Cinunuk. Termasuk keberadaan sumber mata air di Cinunuk sampai sejauhmana pengelolaannya dan kontribusinya bagi desa. 
"Memang Bumdes Mandiri Desa Cinunuk kini tengah mengejar asa dengan terus melakukan berbagai langkah. Bagaimana pun koordinasi dan
berkolaborasi dengan berbagai pihak harus dilakukan untuk menggali potensi," kata Ketua Bumdes Mandiri, Atun Faturohman di Kantor Bumdes Mandiri Jalan Raya Cinunuk, Sabtu (19/2/2022). 
Didampingi Sekretarisnya, Amar Hidayat, Atun mengatakan, perlunya koordinasi dan
berkolaborasi dengan Pemdes (kades), BPD, LPMD dan sejumlah tokoh masyarakat untuk sharing dan saling memberikan masukan.
"Ya, intinya Bumdes Mandiri Desa Cinunuk tengah mengejar asa. Bumdes Mandiri berharap pihak terkait harus terbuka. Bumdes Mandiri Desa Cinunuk terbuka dan siap untuk dikritisi demi kemajuan. Jujur, di Desa Cinunuk banyak potensi ekonomi yang belum tersentuh untuk pemasukan PADes. Mari kita sama gali dan kembangkan potensi ekonomi di Desa Cinunuk" ucap Atun.
Dikatakan Atun, saat ini, langkah Bumdes Mandiri Desa Cinunuk telah membuka  loket pembayaran online
dalam melayani dan mempermudah kebutuhan masyarakat Desa Cinunuk.   
"Bumdes Mandiri Desa Cinunuk saat ini bisa melayani berbagai kebutuhan. Di antara bayar 
listik, 
pembelian kuota,  
pembayaran pajak kendaraan bermotor dan
pembayaran PBB. Silahkan 
datang ke Kantor Bumdes Mandiri pinggir Puskesmas Cinunuk," ucap  Amar  Hidayat, Saekretaris Bumdes Mandiri Cinunuk  kepada KIM. 
Baik Atun atau pun Amar selaku ketua dan sekretaris Bumdes Mandiri Desa Cinunuk berharap ke depan keberadaan Bumdes yang dikelolanya benar-benar mandiri dan berkembang sehingga bisa dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat.
Sementara Kades Cinunuk Edi Juarsa mengapresiasi langkah Bumdes Mandiri Desa Cinunuk yang baru beberapa bulan pengurusnya menerima SK.
"Pihak Pemdes Cinunuk mendukung penuh langkah Bumdes Mandiri Desa Cinunuk untuk menggali dan mengembangkan ekonomi. Bumdes ini sudah program nasional," kata Edi.   Menurut Edi, pihaknya sepakat apa yang dikatakan pengurus Bumdes Mandiri Cinunuk saat ini sedang mengejar asa.
"Silahkan gali dan kembangkan potensi ekonomi di Desa Cinunuk sehingga bisa menambah PADes dan bisa dirasakan manfaatnya bagi masyarakat, termasuk untuk pengembangan KUKM. Sah-sah saja Bumdes bekerjasama dengan sejumlah bank untuk pengembangan ekonomi," tutup Edi Juarsa

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image