You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Cinunuk
Desa Cinunuk

Kec. Cileunyi, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

# Ayo Dulur, Disiplin Protokol Kesehatan, Patuhi 5 M ---> 1. Memakai Masker 2.Mencuci Tangan Dengan Menggunakan Sabun 3. Menjaga Jarak 4. Menjauhi Kerumunan 5. Membatasi Mobilitas & Interaksi

Jajang Taryana,"KNPI Cileunyi Bangga Seni Reak Juarta Putra Cinunuk 'Makalangan' di Denmark'

Redaksi 30 Juni 2022 Dibaca 103 Kali
Jajang Taryana,

CINUNUK.KIM Desa Cinunuk. Terkait eksisnya grup seni reak 'Juarta Putra' Ciguruwik, Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung yang kini tengah unjuk kebolehan di negara 'deungeun' eropa, Denmark diapresiasi dan didukung penuh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Cileunyi.
Apresiasi dan dukungan penuh dari KPNP Kecamatan Cileunyi ini dilontarkan langsung, Ketua KNPI Kecamatan Cileunyi, Jajang Taryana.
"Jujur, keberadaan grup seni reak Juarta Putra yang kini berada negara 'deungeun" Denmark sangat diapresiasi dan didukung penuh. Seni reak Juarta Putra 'makalangan' di Denmark kami bangga," kata Jajang Taryana kepada KIM, Kamis (30/6/2022).
Menurut Jatar, sapaan akrab Jajang Taryana ini, pihaknya berharap kiprah seni reak Juarta Putra yang telah dibidik negara asing Denmark untuk tampil tak cukup sampai disitu.
"Selayaknya Pemkab Bandung melalui dinas terkait, pemerintahan di tingkat kecamatan dan desa mengapresiasi serta menindaklanjutinya. Termasuk pegiat seni budaya di Kecamatan Cileunyi bagaimana mengemas seni budaya warisan leluhur agar tetap lestari dan berkembang,"ucap Jatar.
Diungkapkan Jatar, keberadaan seni reak Juarta Putra 'manggung' di Denmark bukan hanya membawa harum Desa Cinunuk dan Kecamatan Cileinyi, nama Kabupaten Bandung pun terbawa harum.
Kabupaten Bandung dengan misi visi "Bedas" kata Jatar bukan hanya slogan. Ini harus diaplikasikan oleh pemerintah dan masyarakat pegiat seni budaya.
"Seni reak dan jenis seni lainnnya yang menjadi ciri masyarakat berbudaya di kalangan dunia seni ternyata tak 'ngurung batok'. Faktanya, seni reak Juarta Putra bisa "makalangan" di negara 'deungeun'. Ini harus jadi pekerjaan rumah bagi sejumlah pihak,"tutup Jatar. luar negeri, pokonmah cing 
Diberitakan sebelumnya, 
sesuai rencana, seni reak "Juarta Putra" di Kampung Ciguruwik RT 04/RW 04, Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung akhirnya, Selasa (28/6/2022) terbang ke Denmark.
Reak "Juarta Putra", seni peninggalan "karuhun" dengan pembina Ahmad Dimyati ini rencananya akan berada di Denmark selama 2 pekan untuk "makalangan" dan unjuk gigi atas undangan dari penyelenggara "Festival Roskide Denmark 2022". 
"Mohon dukungan dan doanya saja semoga aman, lancar, sehat dan sukses. Terima kasih kepada semua pihak atas suport dan doanya,"kata Wawan WS, pentolan grup Juarta Putra saat akan berangkat ke Bandara Soekarno Hatta di sekretariat Juarta Putra, Selasa (28/6/2022) pagi.
Sebelum terbang ke Denmark, sejumlah pihak Senin (27/6/2022) malam mendatangi sekretariat Juarta Putra untuk memberikan dukungan dan suport sekaligus doa. Dari mulai pegiat seni, anggota DPRD Kabupaten Bandung, Riki Ganesa, Kaur Keuangan Desa Cinunuk, Syamsul Anwar, Kadus 1 Wahyu, Ketua 04 Jeje Somanti dan tokoh pemuda Ajay. Sebelumnya, Kades Cinunuk, Edi Juarsa sempat mendatangi Sekretariat Juarta Putra saat sukuran.
Tak ketinggalan juga, Ahmad Hidayat, anggota DPRD Jabar datang ke sekretariat Juarta Putra untuk menyampaikan dukungan dan suportnya.
"Jujur, terkait grup seni reak Juarta Putra akan makalangan di Denmark sangat membanggakan dan patut diapresiasi. Betapa tidak, selain akan membawa nama Desa Cinunuk, Cileunyi, Kabupaten Bandung dan Jabar, ini pun akan membawa harum nama Indonesia di bidang seni tradisional," kata Ahmad Hidayat, Wakil Ketua Fraksi Golkar, Komisi III DPRD Jabar ini, saat datang ke Sekretariat Juarta Putra, Selasa, (27/6/2022) malam.
Menurut legislator dari Golkar Dapil 2 Jabar, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat ini, pihaknya selaku anggota DPRD mengapresiasi, mendukung dan mensuport penuh keberadaan grup seni reak Juarta Putra Ciguruwik Cinunuk makalangan di negara "deungeun", Denmark.
"Sekali lagi, saya bangga, patut diapresiasi dan berharap seni reak Cinunuk makalangan di Denmark jadi pengalaman berharga agar seni reak tetap lestari serta terus dikembangkan. Negara "deungeun" Denmark begitu kangen dan takjub akan seni reak, massa kita selaku pemilik asli, warisan leluhur segudang seni tradisisional yang merupakan aset berharga, termasuk reak "cuek"," tutup Ahmad Hidayat.
Diketahui seni reak Juarta Putra Ciguruwik Cinunuk dengan peralatan di antaranya dogdog yang go to internasional ini makalangan ke eropa karena mendapat undangan dari penyelenggara "Festival Roskide Denmark 2022  berjumlah 10 orang.
"Ke-10 orang personel yang terbang ke Denmark ini, 7 pemain dan 3 crew selama 2 pekan. Transportasi dan akomodasi ditanggung pihak penyelenggara Festival Roskide Denmark,"ucap Wawan WS pentolan Juarta Putra. (KIM).

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image