You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Cinunuk
Desa Cinunuk

Kec. Cileunyi, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

# Ayo Dulur, Disiplin Protokol Kesehatan, Patuhi 5 M ---> 1. Memakai Masker 2.Mencuci Tangan Dengan Menggunakan Sabun 3. Menjaga Jarak 4. Menjauhi Kerumunan 5. Membatasi Mobilitas & Interaksi

Alhamdulillah, Tumpukan Sampah yang Menggunung di Pasar Sehat Cileunyi Kini Tak Terlihat Lagi

Redaksi 21 Februari 2022 Dibaca 219 Kali
Alhamdulillah, Tumpukan Sampah yang Menggunung di Pasar Sehat Cileunyi Kini Tak Terlihat Lagi

CILEUNYI. KIM Desa Cinunuk. Tumpukan sampah yang menggunung di Pasar Sehat Cileunyi (PSC) Desa Cileunyiwetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung kini sudah tak terlihat lagi.
Pantauan KIM,  Senin (21/2/2022),  sebelumnya sampah menumpuk yang  menggunung terlihat di dua titik di PSC tersebut, di dekat pintu gerbang PSC dan di belakang PSC. Selain menumpuk dan menggunung, sampah baunya menyengat kemana-mana hingga menutupi jalan kawasan PSC.             Setelah Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Bandung, UPT Kebersihan Cileunyi dan pengelola PSC turun tangan, sampah secara bertahap dikeruk dan diangkut untuk dibuang ke TPA Sarimukti Kabupaten Bandung Barat (KKB).
Saat ini kondisi di PSC tak terlihat lagi tumpukan sampah. Di sekitar pintu gerbang PSC sudah bersih dari sampah. Yang terlihat kini hanya spanduk larangan membuang sampah. Begitu pula di belakang PSC, sampah yang menumpuk dan menggunung serta menutupi jalan sudah tak ada lagi.
"Alhamdulillah setelah DLH, UPT Kebersihan dan pengelola PSC turun tangan, saat ini sudah tak ada lagi tumpukan sampah karena sudah dikeruk dan diangkut serta dibuang secara bertahap ke TPA Sarimukti," tutur sejumlah pedagang. 
Sementara Arman didampingi Nanang Solihin, pengelola PSC membenarkan jika tumpukan sampah yang menggunung di PSC secara bertahap sudah ditangani dengan cara dikeruk dan diangkut oleh petugas LH untuk dibuang ke TPA Sarimukti.
"Secara bertahap tumpukan sampah yang menggunung dikeruk alat berat diangkut sejumlah armada pengangkut sampah dali DLH," ujar Arman.  
Terkait penanganan sampah di PSC kata Arman, sebelumnya telah ada MoU antara pengelola PSC dengan LH Kabupaten Bandung.
"MoU tersebut di antaranya, LH siap  mengangkut sampah di PSC empat kali seminggu. Karena terkendala armada, LH hanya mengangkut satu kali seminggu sampah di PSC. Untuk retribusi sampah tak ada masalah karena pengelola PSC bayar ke LH," ungkap Arman.          Arman pun mengakui jika di PSC ada tempat pembuangan sampah sementara (TPS). TPS ini diperuntukan bagi para pedagang PSC.
"Namun diperjalanan,  TPS di PSC tersebut dimanfaatkan oleh warga luar pedagang PSC. Ini tak terkontrol sehingga TPS di PSC numpuk sampah dari warga pasar dan warga luar pasar yang sengaja membuang sampah ke TPS di PSC," tutup Arman.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image