You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Cinunuk
Desa Cinunuk

Kec. Cileunyi, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

# Ayo Dulur, Disiplin Protokol Kesehatan, Patuhi 5 M ---> 1. Memakai Masker 2.Mencuci Tangan Dengan Menggunakan Sabun 3. Menjaga Jarak 4. Menjauhi Kerumunan 5. Membatasi Mobilitas & Interaksi

Keren, Seni Reak "Juarta Putra" Ciguruwik, Desa Cinunuk akan "Makalangan" di Denmark

Redaksi 22 Juni 2022 Dibaca 181 Kali
Keren, Seni Reak

CINUNUK. KIM Desa Cinunuk.  Patut berbangga dan patut pula diapresiasi, Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung yang merupakan desa wisata dan gudangnya seni budaya dilirik bangsa "deungeun".
Betapa tidak, dari segudang seni budaya di Desa Cinunuk ini, seni reak, salah satunya akan "makalangan" di negeri deungeun Eropa, Denmark. Seni reak yang akan merambah Eropa tersebut namanya "Juarta Putra" di Kampung Ciguruwik RT 04 RW 04 Desa Cinunuk.
"Benar, grup seni reak "Juarta Putra" dari Ciguruwik tanggal 28 Juni mendatang akan terbang ke Denmark untuk makalangan menampilkan atraksi seninya. Mohon doanya saja, lancar, aman, sehat dan berkah," tutur Wawan WS, pegiat seni yang juga pentolan grup seni Reak Juarta Putra kepada KIM Desa Cinunuk, Rabu (22/6/2022).
Menurut Wawan, seni reak dengan peralatan di antaranya dogdog yang go to internasional ini akan makalangan ke eropa karena mendapat undangan dari penyelenggara "Festival Roskide Denmark 2022". 
"Insya Allah grup seni reak Juarta Putra berjumlah 10 orang, 7 pemain dan 3 crew siap berangkat. Meski transportasi dan akomodasi ditanggung pihak penyelenggara Festival Roskide Denmark, kami berharap mendapat suport dan dukungan penuh dari semua pihak. Ini kan bisa mengangkat seni tradisional dan bisa mengangkat nama Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi khususnya, umumnya Kabupaten Bandung," harap Wawan.
Diungkapkan Wawan, pihaknya pun mengucapkan terima kasih kepada teman-teman sesama pegiat seni, sahabat dan relasi yang telah mendukungnya dan berharap seabrek seni karuhun di Desa Cinunuk, khususnya reak "nanjeur".
"Seni reak yang kerap dinilai dan identik dengan seni orang pinggiran, ternyata kini kami bisa eksis di negara deungeun di "Festival Roskide Denmark". Sekali lagi kami minta dukungan, suport dan doanya semoga grup seni reak "Juarta Putra" saat makalangan di Denmark lancar, sekaligus mendapat aplaus," tutup Wawan.
Sementara itu, Kades Cinunuk Edi Juarsa dan anggota DPRD Kabupaten Bandung, Riki Ganesa dari dapil 3 asal Cinunuk mengapresiasi, mensuport dan mendukung penuh keberangkatan grup seni reak Juarta Putra Kampung Ciguruwik Desa Cinunuk akan makalangan di Denmark.
"Ini layak diapresiasi dan jujur, kami sangat bangga seni tradisional reak, warisan leluhur di Desa Cinunuk mendapat sorotan untuk tampil di dunia internasional. Insya Allah kami mensuport dan mendukung penuh. Ini kan bisa membawa nama Desa Cinunuk yang merupakan desa wisata dan gudangnya seni budaya di kancah internasinol," kata Edi Juarsa dan Riki Ganesa. (KIM)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image