You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Cinunuk
Desa Cinunuk

Kec. Cileunyi, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat

# Ayo Dulur, Disiplin Protokol Kesehatan, Patuhi 5 M ---> 1. Memakai Masker 2.Mencuci Tangan Dengan Menggunakan Sabun 3. Menjaga Jarak 4. Menjauhi Kerumunan 5. Membatasi Mobilitas & Interaksi

TPT Ambrol di Cipondoh Girang RW 12, 4 Rumah Terancam Amblas

Redaksi 25 Maret 2021 Dibaca 1.081 Kali
TPT Ambrol di Cipondoh Girang RW 12, 4 Rumah Terancam Amblas

CINUNUK. KIM Desa Cinunuk. Cuaca ekstrem yang disertai hujan lebat dan angin kencang, di Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, selain banjir disejumlah titik, 3 titik longsor pun menerjang. Dari tiga titik longsor di Desa Cinunuk tersebut, 2 titik di wilayah RW 09 dan di RW 12 Kampung Cipondoh Girang. Longsor tepatnya di RT 04 RW 12, belakang Komplek Griya Bukit Manglayang RW 21 tersebut akibat ambrolnya tembok penahan tebing (TPT) kurang lebih 15 meter. Dampak ambrolnya TPT tersebut, 4 rumah rumah dipinggir TPT tersebut terancam amblas. Ke 4 rumah tersebut milik Hari (56), Tendi (40), Iwan (45) dan Guntur (40). Akibat ambrolnya TPT tersebut, jalan yang biasanya bisa dilalui sepeda motor, kini hanya bisa berjalan kaki. Disekitar lokasi longsor tersebut terdapat 8 rumah yang berjejer. Pj. Kades Cinunuk H. Dadang dan Ketua RW 12 Kp. Cipondoh Girang membenarkan ambrolnya TPT di RT 04 RW 12 tersebut. "Kami dari Pemdes Cinunuk tadi pagi sudah ke lokasi TPT yang ambrol tersebut. Penanganan sementara kita pasangi rucuk dan karung-karung," kata Dadang. Untuk penanganan selanjutnya kata Dadang, pihak Pemdes Cinunuk telah berkoordinasi, sekaligus melaporkannya ke pihak kecamatan dan dinas terkait di Pemkab Bandung."Kita berharap bisa secepatnya ditanggulangi. Dampak cuaca ekstrem akhir akhir ini, dimana disertai hujan lebat dan angin kencang, banjir serta longsor pun terjang disejumlah titik di Desa Cinunuk. Termasuk jalan desa juga mengalami kerusakan. Data yang tercatat di Kantor Desa Cinunuk, Rabu (24-3-2021) banjir rutin ini terjadi di wilayah Dusun 6, wilayah selatan Cinunuk. Seperti di RW 26, 29 dan RW lainnya. Belum lagi banjir rutin terjang Jalan Raya Cinunuk depan SMA Mekar Arum dan kawasan Ciguruwik. Untuk meminimalisir banjir di RW 26 dan RW 29 warga berharap ada upaya meninggikan TPT di sungai antara Komplek Posindo dan Bumi Orange. Sementara itu longsor terjadi di tiga titik yakni di RT 01 dan RT 04 RW 12 serta di RT 01 RW 09. Sedangkan hujan lebat yang terus mengguyur jalan desa disejumlah titik mengalami kerusakan baik jalan rabat beton atau pun hotmik. Kerusakan jalan terlihat di jalan Ciguruwik, hotmiknya terkelupas dan berlubang. Pihak Pemdes Cinunuk bersama BPD, LPMD Bhabinkamtibmas, Babinsa Desa Cinunuk telah melakukan pengecekan ke lapangan meninjau lokasi banjir dan longsor.(KIM)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image